Banyak alasan kita untuk dapat mengetahui spek laptop maupun komputer, baik itu disaat anda ingin membeli laptop bekas maupun baru, ataupun alasan lainnya. 

cara melihat spek laptop

langkah-nya sederhana bagi yang sudah terbiasa. namun alangkah baiknya jika kawan kawan yang sedang membaca artikel ini memperhatikan dengan baik jika perlu catat beberapa perintah yang akan kita bahas dibawah ini. agar lebih gampang di ingat dikemudian hari.

1. Untuk cek spek prosesor, installasi memory, windows dan nama laptop melalui system properties windows bisa anda tekan tombol keyboard windows dan Pause. atau cara lain lihat gambar dibawah ini

a. masuk ke windows explorer
b. klik kanan pada This PC -> Klik Properties


tombol pintas keyboard ke system properties windows
c. dan hasilnya akan muncul seperti dibawah ini

cek spek komputer windows 10

2. Menggunakan Command Prompt, kenapa saya menuliskan opsi ini. karna banyak yang bilang kalau menggunakan cara diatas belum tentu akurat. karna bisa ditipu menggunakan software. jadi saya sarankan untuk mengecek lagi menggunakan command prompt bawaan windows.

a. Ketik “Command Prompt” pada search bar, lalu buka Command Prompt tersebut.
b. Langsung ketikan "systeminfo" dan tekan enter pada Command Prompt.

spek laptop via command prompt

3. Menggunakan Dxdiag, cara ini pasti sering digunakan para teknisi komputer. karna caranya mudah dan gampang untuk cek spek laptop atau komputer.

a. tekan tombol keyboard Windows + R (untuk membuka perintah "Run")
b. langsung ketik "dxdiag" dan tekan enter

cek spesifikasi laptop via dxdiag

Dan terakhir menggunakan software CPU-Z, kenapa saya urutkan yang terakhir. karna cara ini sedikit ribet, pertama kita harus download secara online. atau harus menyimpan file software y di flashdisk. untuk bisa install ke laptop atau komputer. kelebihan dari software ini sangat ringan. dan gampang digunakan.

untuk download dan cara menggunakannya bisa anda cek disini Tutorial Software CPU-Z..
hasil dari cpu-z


 Semoga dapat membantu, dan jangan sungkan untuk membagikan blog ini agar teman teman lainnya juga bisa mengerti hal yang baru. terimakasih

Post a Comment

Previous Post Next Post